ayam goreng pawon ijoMASAKAN tradisional masih mempertahankan cita rasa yang khas dari campuran rempah-rempah sebagai bumbunya. Misalnya saja cabai hijau yang banyak dipilih untuk pelengkap rasa pada masakan berbahan dasar daging ayam. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menjadikannya sebagai menu andalan dalam menjalankan bisnis rumah makan.

Hal yang sama juga diterapkan Olan, pemilik Pawon Ijo. Sebagai menu andalannya dipilihlah ayam goreng lengkap dengan sambal ijonya. Bahkan untuk mempertahankan nuansa tradisionalnya, ia menyediakan daun pepaya rebus yang warnanya masih nampak hijau segar.

“Kami menyediakan menu paket yang sudah dilengkapi dengan nasi. Di dalamnya ada ayam goreng, sambal ijo, lalap, dan daun pepaya rebus. Rasanya tidak pahit kok meskipun warnanya masih terlihat hijau segar,” kata Olan.

Satu paket ayam goreng dihargai Rp 7 ribu, namun disediakan pula nasi ayam hemat yang harganya juga Rp 7 ribu. Rasanya gurih karena berasal dari bumbu racikan yang komplit.

Kalau Anda ingin mencoba menu ini, bisa langsung datang ke Pawon Ijo yang berlokasi di Jalan Suparno atau timur GOR Satria Purwokerto. Tempat makan ini buka setiap hari karena menyediakan menu yang menjadi kebutuhan sehari-hari pula. Anda bisa mengunjunginya kapan pun karena buka mulai pukul 08.30-21.00 WIB. Nah, kalau ingin dimanja dengan layanan delivery order cukup menghubungi nomor telepon 0281-7907877, minimal pesan Rp 25 ribu bisa diantar.

Selain ayam goreng, Anda juga bisa mencicipi menu lain seperti nila yang menjadi kekhasan sebagai olahan ikan. Menu ini juga tetap disandingkan dengan sambal ijo yang sama. Olan juga pandai mengolah makanan dari modern seperti aneka seafood dan chinese food. Sehingga menu ini disediakan sebagai pelengkap yang bisa dipilih konsumennya.

Olahan makanan berbahan dasar daging ayam juga tersedia di Taman Kerto. Pudjiono sang pemilik mengatakan, tempat ini mengusung konsep cafe dan resto sehingga menyediakan berbagai menu yang bisa dinikmati.

Tempat makan yang berlokasi di Jalan Sunan Ampel, Purwokerto ini memiliki menu andalan yaitu ayam goreng driya. Satu paketnya dihargai Rp 11 ribu yang di dalamnya sudah ada ayam, tahu, tempe, sambal, dan nasi.

“Daging ayamnya digoreng kering jadi lebih kriuk saat digigit. Begitu juga dengan bumbunya yang meresap jadi rasanya lebih gurih,” kata Pudjiono.

Ayam memang banyak diminati masyarakat, selain kandungan gizinya tinggi, rasanya enak, dan harganya juga masih terjangkau untuk dikonsumsi setiap hari. Tak heran jika kedua tempat ini memilihnya untuk dijadikan menu andalan dalam menjalankan usaha kuliner.

Pipit Nurhayati/SatelitPost