bradtoast complicatedGAYA orang barat mengonsumsi roti sebagai makanan pokok, ditiru juga oleh sebagian orang Indonesia. Nasi sebagai makanan pokok memang belum tergantikan posisinya, namun sesekali lidah ingin mencicipi menu yang berbeda. Satu di antaranya roti, makanan berbahan dasar tepung yang kini banyak disajikan dengan beragam variasi.

Lihat saja, menu di Breadtoast Cafe yang khas dengan berbagai macam kreasi roti. Afri, pemilik Breadtoast mengatakan, hampir semua menu yang ada disajikan secara spesial dan bervariasi. Satu di antaranya adalah breadtoast complicated.

“Kami ingin menghadirkan makanan yang mengenyangkan selain dari nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia. Olahan roti di sini juga mengenyangkan karena perpaduan bahan berprotein tinggi,” kata Afri.

Breadtoast complicated dibuat dengan pilihan roti gandum yang dipanggang. Di bagian atasnya dilapisi dengan telur, daging sapi, taburan keju parut, dan saus yang dilandasi dengan selada. Satu porsi menu ini dihargai Rp 10 ribu.

Makan satu porsi saja sudah kenyang karena isinya yang sudah terbilang makanan berat. Breadtoast complicated, kata Afri, akan lebih enak dinikmati saat masih panas sehingga rotinya lebih empuk. Kalau ingin mencobanya, bisa datang langsung ke Doma House yang beralamat di Jalan HR Bunyamin, Purwokerto.

Olahan berbahan dasar tepung juga bisa Anda temukan di D’Best Cafe and Resto. Di sini ada beberapa olahan roti yang dipadukan dengan aneka bahan lain hingga menghasilkan menu bervariasi.

Wiwid Dianani, Supervisor D’Best mengatakan, satu olahan roti yang spesial adalah sandwich kombinasi. Dinamakan kombinasi karena isinya yang merupakan perpaduan dari daging sapi, telur, sayur, keju, dan mayones yang dibuatnya sendiri. Mayones ini, kata Wiwid, bisa menghasilkan rasa manis, asin, dan gurih.

Satu porsinya ada tiga lapis. Di lapis paling dasar, ada roti yang atasnya dilapis dengan potongan daging. Sebagai pembatas, dipilih lagi satu lembar roti, barulah ditindih dengan telur ceplok. Nah, bagian paling atas kemudian ditutup dengan selembar roti lagi.

Sebagai garnish, bagian paling atas ditaburi parutan keju dan dihias dengan selada, tomat, serta saus. Semua rotinya terlebih dahulu dipanggang agar lebih empuk, satu porsinya dihargai Rp 12 ribu. Agar tidak penasaran Anda bisa langsung ke D’Best yang ada di Jalan Gereja nomor 1 Purwokerto. Di sini juga tersedia menu lain yang bisa menjadi pilihan Anda.

Pipit Nurhayati/SatelitPost