IMG_5184AROMA bumbu dapur langsung tercium wangi saat kita melangkahkan kaki masuk ke Lesehan Tirta Aji. Beberapa karyawan nampak sibuk menyiapkan hidangan spesial yang telah dinanti konsumen.

Dari aromanya saja sudah menunjukkan, yang sedang dimasak ini berbahan dasar daging. Kuat Santoso, pemilik tempat makan lesehan ini mengatakan, jika di dapur tengah diracik olahan rica-rica.

Makanan yang identik dengan rasa pedasnya ini ternyata menjadi menu andalan Kuat. Rica-rica olahan Kuat menggunakan aneka bumbu, baik tradisional maupun botolan. Untuk dagingnya, Kuat memilih daging ayam dan bebek. Alasannya, lebih padat dan berisi.

“Bumbunya banyak jadi lebih meresap. Kalau mau dihitung, bumbunya bisa mencapai 25 macam,” kata Kuat.

Kalau biasanya Anda menjumpai rica-rica penuh dengan daging, namun yang ini tidak. Pasalnya, setiap porsinya ditambah dengan sayuran seperti kubis, kemangi, dan bumbu serai yang diiris. Aromanya kian menggoda saat seporsi menu ini sudah ada di depan mata. Woaaa.. nggak sabar untuk segera dihabiskan!

Langsung saja deh, disantap rica-ricanya saat masih hangat. Nyam nyam.. enak sekali.

Tapi jangan lupa siapkan dulu kocek Rp 20 ribu untuk tiap porsi rica-rica ayam dan Rp 22 ribu untuk yang bebek. Harga ini belum termasuk dengan nasinya.

Saat pertama kali mencicipi olahan ini, Anda akan menjumpai rasa pedas. Tapi ketika suapan ke dua, rasa lain akan tercecap, asin dan gurih. Selain rica-rica, tempat ini juga dikenal dengan sambal ijonya yang mantap. Terasinya dipilih asli Cirebon yang aromanya sangat kuat.

Ingin segera makan rica-rica? Bisa langsung datang ke Lesehan Tirta Aji yang berada di Jalan dr Angka atau tepatnya di depan Rumah Sakit Elisabeth. Bukanya setiap hari mulai pukul 08.00-04.30 WIB.

Pipit Nurhayati/SatelitPost