Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet

PURBALINGGA – Ratusan penduduk Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja Purbalingga sudah kembali ke rumah masing-masing setelah sempat mengungsi pada Jumat lalu. Kondisi Gunung Slamet kini relatif tenang karena sama sekali tak tercatat ada gempa selama dua hari terakhir ini.

“Kemarin ada 400 pengungsi, tapi sekarang sudah kembali,” kata Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, Ahad (14/9).

Ia mengatakan, warganya mengungsi karena sempat panik mendengar suara dentuman dan gemuruh yang terus menerus. Lava pijar dalam dua pekan terakhir lalu juga sering terlihat keluar dari bibir kawah sehingga membakar semak di batas vegetasi gunung.

Menurut dia, di wilayah Purbalingga, Desa Kutabawa merupakan desa paling dekat dari puncak. Dia meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang, namun tetap meningkatkan kewaspadaan. Sebab, kondisi Gunung Slamet masih fluktuatif meski statusnya tetap siaga.

“Warga tidak boleh panik dan nantinya para petugas akan memberikan sosialisasi, sesuai dengan rekomendasi dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan,” kata dia.

Kondisi Gunung Slamet hingga siang ini cenderung turun. Dalam dua hari terakhir bahkan tidak tercatat adanya gempa apapun . “Rekomendasinya tetap. Tidak boleh ada aktivitas warga pada radius 4 km dari puncak,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, Gambuhan, Sudrajat.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono mengatakan, masih ada asap tipis putih dengan ketinggian 50 meter. “Sudah tidak ada lagi gempa baik hembusan maupun tremor,” katanya.

Menurut dia, penurunan aktivitas vulkanik saat ini bukan sedang mengumpulkan energi untuk sebuah letusan yang lebih besar. Pengumpulan energi, kata dia, sudah dilakukan pada dua minggu lalu. “Kalau mengumpulkan energi kan ada tremor dan gempa vulkanik dalam seperti dua minggu lalu,” katanya.

Ia berharap aktivitas Gunung Slamet semakin turun sehingga gunung tertinggi di Jawa Tengah itu dapat kembali normal. “Gunung Slamet masih dipantau terutama kegempaannya,” katanya.